Wednesday, February 13, 2008

Mormonism part 2

Di Bidang Perdagangan
Di Amerika, gerakan ini mempunyai arela tanah yang sangat luars, pabrik-pabrik dan usaha-usaha di bidang pertanina. Segala masalah jual-beli yang mempunyai sangkut-paut dengan perdagangan diatur oleh gereja. Hasil keuntungan diguankan untuk membeli saham, membangan gedung-gedung yang mewah dan mengembangkan propaganda agama mereka.

Di Bidang Pembangunan
Orang-orang mormon tidak akan segan-segan membangun gedung serba lux. Gedung-gedung yang didirikan, mempunyai fasilitas yang serba komplit. Bukan saja ada ruang kebaktian, juga ruangan khusus bagi pameran doktrin Mormon dan lain-lainnya. bangunan yang sangat terkenal berjumlah 10 buah, yang terkahir dibangun pada tahun 1956 di Los Angeles dengan memakan biaya 6.000.000 dollar Amerika.

Di ujung dari gedung tersbut dipasang patung malaikat Moroni. Setiap tahun,gedung tersebut menarik perhatian para pengunjung dari berbagai negara dan banyak pengunjungg sangat tertarik dan terpengaruh oleh propaganda-propaganda mereka.

Di Bidang Perkunjungan
Semangat perkunjungan mereka seperti saksi Yehova. Setiap oanggota yang muda diharuskna menyumbangkan satu atau dua tahun waktu untuk bekerja menyebarkan ajaran mereka, baik di dalam maupun luar negeri. Dalam masa bekerja ini,pihak gereja hanya menanggung makan dan penginapan mereka, Sedangkan yang lain-lain di tanggung sendiri.

Biasanya dalam perkunjungan, mereka berdua-dua dengan pakaian rapi mengunjungi dari rumah ke rumah. Dengan sopan mereka akan memperkenalkan diri sebagai misionaris "Gereja orang-orang suci pada akhir jaman.")

Doktrin/Pengajaran Mormon
Pada tahun 1831, gerakan mormon mengumumkan pengakuan mereka dalam 13 pasal kepercayaan dan dibawah ini merupakan ringakasan dari beberapa pasal pengajran mereka yang perlu diketahui/

Doktrin Tentang Allah
Menurut mereka, Allah itu adalah superman, mempunyai badan, dapat dilihat dan diraba tetapi mempunyai kekuatan luar biasa. Allah itu adalah adam yang sudah dipermuliakan. orang-orang yang beriman setelah meninggal dunia kaan sama seperti Adam menjadi ilah dan ilah itu masing-masing mempunyai istri yang dikawinkan seamsa di dunia.

Doktrin Tentang Kristus
Yesus adalah saudara lucifer yang dilahrikan karena hubungan antara Allah dengan maria. Yesus di kana menikah dengan Marta dan Mariam sheingga dapat meliohat keturunannya sebelum disalibkan (Yes 53:10). menrutu mereka jika Yesus tidak menikah, minimal ia mempunyai hubungan istimewa dengan Marta dan Mariam dan Mariam lainnya.

Allah lebih besar dari Kristus, Kristus lebih besar dari Roh kudus
yan gmenjadi pesuruh-Nya. Yoseph Smith adalah keturunan dari Tuhan Yesus.

Doktrin Tentang Roh Kudus
Roh Kudus itu semacam bendayang kekal kebereadaanya yang disalurkan dari atas dan menyebar keberbagai tempat.

Roh Kudus dapat dikaruniakan kepada seseorang melalui upacara-upacara yang dipimpin oleh pendeta mormon

Pribadi Roh Kudus yang sesungguhnya tidak dapat hadir lebih dari satu tempat.

Doktrin tentang Allah TriTunggal
Allah adalahs atu pribadi,Yesus Kristus juga satu pribadi, demikian pula dengan Roh Kudus. Mereka memiliki pribadi yang berbeda-beda. mereka bukan Allah Tritunggal, melainkan tiga Allah.

Doktrin Tentang Dosa
menurut orang-orang mormon, Adam terpaksa berbuat dosa dengan makan buah pengetahuan baik dan jahat. karena jika Adam tidak makan buah itu, maka ia tidak mungkin megetahui hal yang baik dan jahat dan tidak mungkin pula ia mempunuyai keturunan. Dengan demikian berarti ia tidak mantaati perintah Allah yang menghendaki manusia beranak-cucu untuk memenuhi bumi.

Perintah Allah yang terutama dalah beranak-cucuklah dan perintah kedua adalaha jangan makn buah terlarang. Adam demi netaatti perintah yang pertama, maka dengan terpaksa melanggar perintah yang kedua. yang berbuat dosa, Bukanlah Adam melainkan Hawa. Hal ini dikuatkan dengan pernyataan saul paulus dalam 1 timothius 2 :14 yang berbuni "lagi pula bukan Adam yang tergoda melainkan perempuan itulah yang tergoda dan jatuh ke dalam dosa".)

Doktrin Tentang Keselamatan
Menurut pendapat mereka, kematian Yesus tidak dapat menyelamatkan orang lain, tetapi hanya adam saja. Keselamatan yang sesungguhnya hanya diperoleh melalui ketaatan pada pertaturan-peraturan, sakramen-sakramen dari Mormon dan perbuatan baik. baptisan yang dilaksanakan pendeta mormon dapat menghapus dosa. Dengan kata lain, baptisan merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan keselamatan.

Mereka juga menngajarkan bahwa anggota mormon ini dapat menggantikan sanak famili yang sudah meninggal untuk dibaptiskan. ini berrti bahwa orang yang sudah meninggal masih mempunyia kesempatan untuk diselamatkan asalkan ada orang yang hidup mau dibaptiskan untuk mereka.

Doktrin Tentang Pernikahan
Mormon mengajrkan praktek poligamii dan berpendapat hubungan suami istri tidak terbatas hanya di dunia ini,tetapi juga sampai ke akhirat. Seorang anggota mormon yang meninggal, akan masuk kedalam kemuliaan dan istri-istrinya menurut urutan juga kaan masuk 'kedalam kemuliaan. Jika ia diangkat sebagai raja untuk menguasai satu daerah, maka istrinya akn menjadi permaisuri.
Oleh karena praktek poligami mendapat tantangan di berbagai negara, maka mulailah mereka mengkaji ulang sitem tersebut. Pada tanggal 25 september 1890. ketua mereka yang bernama Wilford Woodruff mengemukakan makalh yuang isinya antara lain menyatakan agara para anggota mormon harus mentatti hukum dengan hanya beristri satu. Walaupun pemimpinnya telah memerintahkannya tetapi masiha da pula anggota yang melanggarnya

Doktrin Tentang Alkitab
Mereka mengajarkan bahwa ada tiga buku yang mempunyai otoritas yang sejaar dengan Alkitab yaitu:
1. Kitab Mormon(The Book of Mormon)
2. Doktrin dan Perjanjian (Doctrin and Covenants).
3. Mutiara yang bernilai (Peral of Great Price)

Joseph Smith juga mengumumkan bahwa pendeta mormon juga berbicara dengan gerakan Roh Kudus itu adalah Firman Allah yang bisa mendatangkan keselamatan.

Doktrin Tentang Penghakiman
Orang yang tiadk termasuk dalam gerakan mormon akan diadili, demikian juga orang0orang yagn menerima sakramen-sakramen dari gereja lain.

Kebereadaan bida ini dikomentari beberapa mantan penganutnya, diantarnbya dari Oliver Cowdery dan David Whitmer dengan mengatakan "Latter-day Saints Church was not God's true Church"( Gereja-gereja orang kudus pada akhir zaman bukan gereja sejati Allah). DAlam bukunya yang berjudul "An Address to All Belivers in Christ"(1887) Menyatakan,"Joseph Smith by 1899 had became a false prophet"(sejak tahun 1833,Joseph Smith telah menjadi nabi palsu)

Semoga artikel ini bisa menjadi pegangan bagi kita semua agar bisa terhindari dari bidat ini, trus berdoa minta pertolongan TUhan agar mejaga iman kita trus
God Bless you!

No comments: