Tuesday, February 12, 2008

Mormonism part 1

Kali ini saya akan menjelaskan salah satu bidat yang paling berpengaruh pada abad ini dan memiliki lingkup yang besar dalam dunia ini .
Nama dari bidat yang akan saya jelaskan sekarang adalah Mormon.

Mormon atau lebih menyebut dirinya sebagai"Gereja Orang-orang kudus pada akhir zaman"(Church of Latter day Saints). Gerakan Mormonisme ini didirkan pada tahun 1830 oleh seorang amerika beranam Joseph Smith.

Joseph Smith, putra keempat dari sepuluh saudara pasangan Joseph dan Lucy Mack Smith ini dilahrikan pada tanggal 23 Desember 1805 di Sharon, dilingkungan keluarga kaum tani yan gmiskin,. menurut pengakuan ibunya, sewaktu remaja Joseph Smith adalah seorang yang buta huruf dan tidak paham isi Alkitab dan diakui bahwa ia seorang pemuda yang suka berkhayal.

Menurut pengakuan Joseph Smith bahwa pada tahun 1823, dalam usia 18 tahun ia mendapat kunjungan dari malaikat yang bernama Moroni. Malaikat tersebut memberitahukannya bahwa pada tahun 420 M. DI sebuah bukti edkat Manchester,suatu perkampungan yang terletak di daerah New York, pernah ditanama lempengan-lempengan emas. Dan ia disuruh malaikat untuk mengambilnya.

Setelah ditemukan, ia melihat diats lempengan emas tersebut tertulis huruf-huruf Mesir. Untuk menerjemahkan hurf-huruf tersebut, ia mendapat bantuan "URIM dan TUMIM"(dua batu undian yang ada dalam tutup dada pernyataan kep[utusan pada baju"efod" yang dipakai imam dan batu ini juga dipergunakan untuk mencari tahu kehendak Allah)> BAtu ini dipinjamkan malaikat untuk membantu menerjemahkan huruf di atas lempengan emas tersebut.

Setelah selesai menerjemahkan,malaikat mengambil kembali lempengan-lempengan emas tersebut. Karya terjemahan inmi kemudian dijadikan kitab suci kaum Mormon dan pada tahun 1830 dicetak sebanyak lima ribut eksemplar di Palmyra,New Yorok.

Setelah Joseph Smith berhasil memperoleh pengakuan atas buku terjemahan itu sebagai dar dari satu perhimpunan keagamaan yang baru, maka ia lebhih lanjut menulis buku-buku lain. Menurut pengakuanya bahwa buku-buku in ditiulis atas dasar ilham yang diperoleh dair kunjungan malaikat kepadanya. Ia juga mengatakan pernah dikunjungi Yohanes Pembabtis,Petrus,Yakobus,Yohanes,Musa dan Ella <==( totally LIE!!!).

Kesaksian hidup miralnya tidak baik. ia memegang padangan poligamni,dan mengajurkan para penganutnya untuk mengambil isteri banyak. ia sendiri mempunyai beberapa isteri. Ia pernah mengawini empat wanita sekaligus dan menyebut perkawinan ini sebaga "(PERKAWINAN ROHANI"). Pada waktu meninggal ia menginggalkan 17 istri dan 56 anak

Kasus meninggalnya Smith karena dibunuh oleh massa yang berjumlah kurang lebih 200 orang mempunyuai banuyak veris. Ada yang menyebutkan karena masalah "perkawinian Rohani":, ia harus berurusan dengan polisi dan dipenjarakan. kemudia ia diperbolehkan pulang dnegan uang jaminan,tetapi ia tidak berani menginggalkan rumah penjara, karena rumah penjara tersebut sudah dikepung oleh massa yang marah melihat perbuatan amrolnya. Akhirnya massa yang marah itu berhasil menerobos masuk dan Joseph Smith ditembak mati disana.

Ada pula yang menbyatakan karena kasus pengrusakkan kantor penerbitan lokal"Nauvii Expositor" yang dikomandonya,harus berurusan dengan pihak berwajib dan dimasukkan kepenjara di Carthage. Dan pada tanggalk 27 juni 1844, Mass ayng berjumlah kuran glkebih 200 oran gmenerobos masuk dan menurut cerita smith masih sempat melawan denganmenembakkan senjata yagn dibawanya ke arah massa,tetapi pada kahirnya mati dibawah berondongan senajata. kematian smith bagi pada pengikutnya dianggap sebagai pahlawana yang mati syahid bagi keyakinannya.

Gerakan Mormon ini boleh diaktakan mempunyai anggota terbanyak dibandingkan dengan bidat-bidata lainnya. pada tahun 1960, anggotanya mencatapai 1.650.000 orang. pada bulan april 1981 dilaporkan bahwa jumlah pengikutnya sebanyak 30.000 misitonaris tersebar dimana-mana denganjrian untuk menarik orang menjadi anggotanya. Kebanyakan para misionaris ini bekerjadengan suksarla tanpa mednapat imbalan apa-apa. Di berbagao tempat didirikan banungna-bangunan mewah. Pengaruh gerakan ii makin lama makin hebat. Pro paganda gerakan ini makin lama makin luar biasa!!!

Cara Kerja Orang Mormon
Keberhasilan gerakan Mormon ini mempunyai kaitan erat dengan cara dan semagat kerja mereka yag luar biasa. cara kerja kau Mormon ini dapat diuraikan sebagai berikut:



lanjut ke Mormonisme part 2

No comments: