Friday, February 22, 2008

Bahasa Roh

HAi haii kembali lagi,hahahah setalh dihajar bertubi dengan tugas akhirnya kembali lagi gue melanjutkan blog gue! hahahahah
sekarang gue mau bahas tentang bahasan yang umum,tapi apa yang gue bahas ini semua berdasarkan pemikiran gue jadi bagi yang ngak setuju silahkan2 saja!
heheheheh
yang gue pengen bahas kali ini adalah mengenai bahasa roh, kenapa sih sekarng bahasa begitu populer dikalangan gereja X?
gue pernah beberapa kali dateng ke gereja X? dan apa yang gue dapetin ampir semua orang yang ada didalem itu berbahasa lidah ,dan ampir semua nya sama...... dalam hati gue bertanya-tanya bener ga sih ini orang bisa bahasa roh apa cuma ikut2 doank? dan yang anehnya lagi ada beberapa orang yang sempet mau ngajarin gue bahasa roh, Gokil ga tuh?
Gue pribadi gue sangat ngak setuju penggunaan bahasa roh didepan umum, dengan lantang berbicara saaat memuji Tuhan, apa yang gue katakan ini ngak hanya berlandaskan opini gue semata ada beberapa ayat yang membuat gue yakin bahwa penggunaan bahasa roh di depan umum itu bukan sesuatu yang baik/ benar.

seakrng gue akan coba bagiakn beberapa ayat dari 1 korintus 14 dimana atas dasar ini lah gue ngak setuju penggunaan bahasa roh didepan umum.
1 korintus 14 : 4- 5
"4 Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.
5Aku suka, supaya kamu semua berkata-kata dengan bahasa roh, tetapi lebih dari pada itu, supaya kamu bernubuat. Sebab orang yang bernubuat lebih berharga dari pada orang yang berkata-kata dengan bahasa roh, kecuali kalau orang itu juga menafsirkannya, sehingga Jemaat dapat dibangun."

1 korintus 14 : 22 - 23
"22 Karena itu karunia bahasa roh adalah tanda, bukan untuk orang yang beriman, tetapi untuk orang yang tidak beriman; sedangkan karunia untuk bernubuat adalah tanda, bukan untuk orang yang tidak beriman, tetapi untuk orang yang beriman.
23

Jadi, kalau seluruh Jemaat berkumpul bersama-sama dan tiap-tiap orang berkata-kata dengan bahasa roh, lalu masuklah orang-orang luar atau orang-orang yang tidak beriman, tidakkah akan mereka katakan, bahwa kamu gila?"

menurut saya di ayat ini sangat lah jelas bahwa penggunaan bahasa roh di depan umum,bukan saja tidak membangu, malah bisa menjadi batu sandungan kita lihat di ayat 23 bahwa ketika ada seorang yang datang pertama kali,dan melihat kita berkata-kata dalam bahasa roh, bukan kah orang itu akan mengatakan kita gila, dan tidak berhenti hanya disitu kemungkinan orang akan meninggalkan gereja karena disangkat menggunakan setan dalam peribadatan. Jika seperti itu dosa itu ada pada kita karena kita malah menjauhkan seseoarng yang mau mendekatkan diri kepada Tuhan.

sebenarnya di pasal 14 ini maish banyak beberapa pembuktian bahwa penggunaan bahasa roh didepan umum sangat lah tidak menguntungkan sama sekali.
tapi jika akan dijabarkan satu2 akan sangat panjang,tapi mungkin besok2 saya akan coba jabarkan. tapi pada intinya seperti yang tertulis pada
1 korintus 14 : 19
"19

Tetapi dalam pertemuan Jemaat aku lebih suka mengucapkan lima kata yang dapat dimengerti untuk mengajar orang lain juga, dari pada beribu-ribu kata dengan bahasa roh.
"
lebih baik kita hanya mengcupkan lima kata saja yang dapat dimengerti untuk mengajar orang -orang yang baru mengenal TUhan atau pun yang sudah mengenal Tuhan dari pada kita mengucapkan beribu-ribut kata dengan bahasa roh yang artinya tidak dimengerti oleh siapapun.
Bagaimana kita bisa melaksanakan panggilan umum Tuhan ( matius 28 : 19

Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,)

Jika bahasa yang ktia gunaakan hanya bisa dimengerti oleh kita sendiri?
oleh sebab itu jika temen memang diberi karunia bahasa roh oleh Tuhan cobalah untuk menggunakan itu tidak didepan umum. tetapi gunakanlah itu sebagai doa pribadi kepada Tuhan disaat kita tidak bisa berkata-kata.

dan untuk temen yang tidak mendapat karunioa bahasa roh, masih banyak karunia yang disediakan oleh Tuhan untuk temen2 Karunia bernubuat,Karunia Mengajar.

Tidak usah kita berpikir bahwa bisa berbahasa roh berarti ktia lebih beriman dibandingkan orang lain justru salah besar .
1 korintus 14 : 22 menuliskan
Karena itu karunia bahasa roh adalah tanda, bukan untuk orang yang beriman, tetapi untuk orang yang tidak beriman

Apa yang gue tulis berdasarkan pemikiran gue sendiri, dan hanya saran aja dari gue, tapi pilihan tetep ada ditangan temen-temen apakah kalian mau memuliakan nama Tuhan atau malah mau menjauh kan nama Tuhan
God Bless u all!!


2 comments:

Anonymous said...

bahasa roh..?? he..?? ga brati ngomong sndiri kan bro..???..jd binun sndiri..maap maap...~ ~

ladyofsuwana said...

Yap totally agree with you bro,,
bahasa roh bisa menjadi batu sandungan buat non christian-i already got that experience and i'm feel sad baout that..

Btw gue gak penah terobsesi untuk bisa bahasa roh,,kalau memang Tuhan mau anak2Nya bisa mendapat karunia itu,,,Tuhan juga bakal kasih,,Jadi memang kasihan tuh,,kalau orang-orang sampai yg terobsesi mesti bisa haha

Thanks God,,masih ada orang yang gak seperti itu,,yaitu u hehehe

Terus percaya dan bersandar hanya kepada Yesus Kristus saja ^_^
Biar kita juga selalu dibentuk sebagai anak2Nya yang senantiasa mempermuliakan nama Yesus ^_^

God blees u always,,
cu arround